Cara Mencuci Sepatu Pantofel untuk Hasil Bersih Mengilap

by - 00.24

Image result for Cara Mencuci Sepatu Pantofel untuk Hasil Bersih Mengilap"

Biasanya, sepatu pantofel dibuat berbahan kulit asli atau sintetis. Supaya penampilannya tetap mengilap, sepatu pantofel semestinya dicuci dengan serta perlakukan spesial. Perawatan yang pas akan membuat sepatu pantofel terlihat seperti baru. Di bawah ini panduan langkah membersihkan sepatu pantofel yang dapat dituruti.

Beberapa hal yang Butuh Dilihat Waktu Membersihkan Sepatu Pantofel
  • Pakai lap kering untuk bersihkan sepatu dari kotoran yang melekat. 
  • Pakai sikat dengan bulu halus untuk bersihkan sisi dalam dan luar. 
  • Pakai sabun bersihkan atau deterjen cair yang tidak memiliki kandungan pemutih supaya tidak memunculkan bercak di sepatu. 
Beberapa hal yang Tidak Bisa Dikerjakan Waktu Membersihkan Sepatu Pantofel
  • Jangan memakai mesin pencuci, karena akan mengakibatkan kerusakan jahitan sepatu pantofel. 
  • Jangan jemur sepatu pantofel dibawah cahaya matahari langsung supaya tidak sirna. 
  • Jauhi pemakaian air panas, khususnya untuk membersihkan pantofel dari kulit sintetis. Air panas dapat membuat model sepatu safety pantofel mengerut serta mengecil. 
  • Jauhi pemakaian hair dryer untuk mengeringkan sepatu pantofel, sebab dapat membuat sepatu mengerut. 
Langkah Membersihkan Sepatu Pantofel dengan Pas
Beberapa orang mungkin sangsi membersihkan sepatu pantofel sebab takut merusaknya. Walau sebenarnya, dengan pas, Ibu sebetulnya dapat membersihkan sendiri sepatu pantofel punya suami serta keluarga di dalam rumah. Untuk membersihkan sepatu pantofel, Ibu memerlukan alat serta bahan berbentuk air dingin, deterjen cair, sikat berbulu halus atau sikat gigi sisa, lap lembap, serta handuk kering. Lalu, turuti langkah di bawah ini:

1. Sikat Sisi Luar Sepatu dalam Kondisi Kering

Sama dengan type sepatu lain, sepatu pantofel rawan kotor serta tertempel tanah atau debu. Karena itu, Ibu semestinya terlebih dulu bersihkan kotoran-kotoran yang melekat dibagian luar itu waktu sepatu masih juga dalam kondisi kering. Ibu langsung bisa membersihkannya dengan tangan, atau memakai sikat berbulu halus.

2. Sikat Sisi Luar Sepatu dengan Cairan Deterjen

Tuang deterjen cair seperlunya pada wadah berisi air. Lalu, sikat sisi luar sepatu pantofel memakai sikat gigi sisa yang telah dicelup dalam kombinasi air serta deterjen itu. Yakinkan semua sisi luar sepatu tersikat prima, hingga tidak ada kotoran, noda, atau debu yang ketinggalan.

3. Basuh dengan Lap Lembap

Untuk mencuci, jauhi menyiram sepatu dengan cara langsung dengan air. Sebaliknya, pakai lap lembap atau kanebo untuk bersihkan semua busa yang masih ada. Ibu harus pastikan tidak ada tersisa busa atau deterjen yang ketinggalan, supaya tidak memunculkan bercak putih waktu sepatu kering.

4. Keringkan serta Semir Sepatu

Sesudah semua busa hilang, keringkan sepatu memakai lap atau handuk kering sampai tidak ada tersisa air yang melekat. Jadi pilihan lain, Ibu dapat juga mengangin-anginkan sepatu atau menjemurnya dalam tempat yang tidak terserang cahaya matahari langsung. Untuk hasil mengilap serta jaga sepatu tetap terlihat baru, semir sepatu pantofel dengan periodik.

5. Membersihkan Sisi Dalam Sepatu dengan Baking Soda

Jika sisi luar sepatu pantofel dapat dibikin bersih dengan deterjen, karena itu lain perihal dengan sisi dalamnya. Untuk bersihkan sisi dalam sepatu supaya tidak berbau, Ibu dapat manfaatkan baking soda. Taburkan baking soda di bagian dalam sepatu pada malam hari, serta diamkan semalaman. Waktu pagi, membersihkan tersisa baking soda serta sepatu akan kembali tidak bau.

You May Also Like

0 komentar